Ads 468x60px

Thursday, July 19, 2012

Mengatasi Anak Suka Membantah

Beberapa orang tua mungkin pernah menemukan saat-saat dimana buah hati mereka membantah. Sebaiknya anak suka membantah, tidak dibalas dengan bantahan pula. Hadapi dengan tenang dan cari tahu apa penyebabnya adalah hal yang seharusnya dilakukan.
 
Saat anak suka membantah, kemungkinan mereka tengah memasuki masa-masa peralihan emosi dalam dirinya. Saat itu, anak berusaha untuk mencari dan menunjukkan jati dirinya. Sikapnya yang suka membantah adalah satu dari kemungkinan cara untuk menunjukkan dirinya.

 Saat anak sudah memasuki usia sekolah dasar dan ia sering membantah, jangan lantas menyalahkan dirinya. Coba Anda lihat bagaimana pola asuh Anda. Pada usia tersebut, anak tidak suka terlalu dikekang atau dilindungi.

Sikap protektive Anda, bisa jadi adalah salah satu penyebab ia menjadi anak suka membantah. Anak seusia tersebut tengah memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Dalam hal ini, jika Anda terlalu membatasi setiap geraknya, ia akan memberontak.

Namun jika sikap membantah terjadi pada anak usia balita, kemungkinan merupakan wujud protes pada orang tua. Mungkin Anda terlalu sibuk dan ia merasa kurang diperhatikan. Bantahan-bantahan yang dilakukannya adalah salah satu cara untuk menarik perhatian Anda.

Lakukan komunikasi dengan anak dan jadikan mereka sahabat adalah cara lain yang bisa dilakukan untuk lebih dekat dengan anak Anda. Bimbinglah mereka tanpa harus menuntutnya berlebihan dan mereka akan melewati masa peralihannya dengan baik.

Perhatian dan kasih sayang adalah faktor yang sangat penting dalam pola asuh anak. Tidak perlu berlebihan, tapi jangan pula sampai kurang. Porsi yang pas anak membantu mengatasi sikap anak suka membantah


Sumber : melindahospital.com | Kumpulan Informasi Menarik  | Foto : ilustrasi
Tags : Dunia Anak, Mengatasi Anak Suka Membantah

0 comments:

Post a Comment